Dakwah Kampus, Sebuah Langkah Menuju Keshalihan Kaum Intelektual (Spesial Kemerdekaan RI Ke-66)

Oleh: Doni Al Siraj

(Teruntuk para mujahid-mujahidah dakwah kampus yang senantiasa memberikann kejernihan hati dan pikiran demi kemajuan dan kejayaan agama dan bangsa ini)

Saya tidak tahu persis kapan dimulainya dakwah kampus ini, dan sudah sejak kapan ia menjadi prioritas perhatian orang-orang shalih di Negara ini. Namun yang pastinya dakwah kampus telah memberikan kontribusinya, Negara ini telah merasakan bagaimana peran positifnya dalam membangun bangsa ini. Dan peran itu adalah menshalihkan kaum intelektual.

Sampai saat sekarang ini, bangsa kita telah melalui berbagai macam persoalan. Persoalan itu pastinya akan terus muncul dan menguji keseriusan kita dalam membangun peradaban yang madani.

Salah satu persoalan yang paling pelik yang dihadapi bangsa kita adalah krisis kepemimpinan, krisis moral dan krisis sumber daya manusia yang berkualitas. Kita bisa melihat mereka yang memiliki kemampuan intelektual cacat moral sehingga terjadilah korupsi dan penindasan. Kita bisa melihat mereka yang shalih tapi minim pengetahuan sehingga keshalihannya tak banyak membantu, melainkan hanya bisa membantu dirinya sendiri. Dan kita telah sama-sama melihat para pemuda dan pemudi saat ini sudah tidak lagi malu berbuat berbuat dosa seperti: judi, narkoba, miras dan zina, bahkan mereka telah menjadikan hal itu sebagai trend hidup mereka, padahal tidak ada satupun agama yang diakui di Negara ini menghalalkan dan membenarkan perbuatan tersebut.

Dari persoalan yang dihadapi saat ini, menandakan bangsa kita saat ini benar-benar membutuhkan pribadi-pribadi yang memiliki dua mata air surga, “Keshalihan pribadi dan Kecerdasan Intelektual”. Karena hanya dengan itu kita dapat memerbaiki dan membangun masa depan bangsa ini. Dan salah satu cara untuk kita bisa menshalihkan kaum intelektual adalah dengan “DAKWAH KAMPUS” dan rumah para intelektual tersebut sebelum mereka berkecimpung di masyarakan adalah “KAMPUS”.

Mari membangun diri di sini

Di rumah kita

Mari menshalihkan diri di sini

Di rumah kita

Keshalihan pribadi akan melahirkan semangat perbaikan dan emosional yang baik dalam bekerja dan dalam menjalin hubungan sosial dengan masyarakat, karena orang shalih bekerja untuk Tuhan mereka, Allah swt. dan ini akan melahirkan spirit yang sangat hebat. Sementara kecerdasan intelektual akan mengarahkan mereka dalam bekerja untuk mencapai kejayaan dan kemenangan yang telah di dambakan itu.

Di hari kemerdekaan dan Ramadhan ini, mari kita tanamkan ini dengan baik. Menanamkan keshalihan pribadi dan kecerdasan intelektual.

Mari kita tanamkan dalam diri kita, bahwa kita yang berkecimpung di dakwah kampus haruslah memberikan kemaslahatan yang banyak kepada siapa saja. Dan itu lah dakwah kita, “Memberikan kemaslahatan yang banyak bagi umat manusia.”

Ramadhan adalah waktu yang paling baik untuk memperbaiki keshalihan kita serta meneguhkan keimanan kita. Sementara kemerdekaan adalah salah satu saat yang paling tepat untuk maningkatkan spirit perjuangan kita.

Mari optimalisasi peran dakwah kampus dalam menshalihakan kaum intelektual

Mari menjadi pribadi yang shalih dan cerdas lagi mencerdaskan

Stop Stagnanisasi Dakwah Kampus!

DIRGAHAYU KEMERDEKAAN RI KE-66

JAYALAH BANGSAKU

About fsinuruljannah

Lembaga Dakwah Kampus Universitas Bung Hatta, Padang, Sumatera Barat.

Posted on 21/08/2011, in :Oase:. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: